Tuesday, June 12, 2012

Sejarah Internet di Indonesia

Awal mula internet pertama di Amerika Serikat yang berkembang setiap tahunnya akhirnya sampai kepada negar kita sendiri, nah pada kali ini kita mengulang kembali sejarah internet yang ada di Indonesia, gak ada salahnya mungkin tuk mengulang sebagai arsip dan manfaat buat saya dan teman2 yang ekbetulan mampir di Blog ini. ok gan atau sobat sekalian gak usah banya basa basi, langsung aja kita kembali menenguk sejarah Internet di Indonesia sepertia ?
  
Sejarah internet di Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an dan saat itu jaringan internet Indonesia di kenal dengan sebutan paguyuban network, karena nampak terlihat dan terasa akan semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat terlihat dan terasa di antara pelakunya. Namun sebelumnya ternyata sudah ada penggunan Internet di Indonesia, yaitu Pada tahun 1988 dengan menggunakan CIX dari Inggris yang menawarkan jasa E-Mail dan Newsgroup dan berlanjut dengan menawarkan jasa akses HTTP dan FTP. Adapun alat yang digunakan untuk mengaksesnya adalah dengan modem 1200 bps dan mengunakan saluran telpon internasional yang sangat mahal. Dan pada tahun 1989 juga hadir Compuserve dari Amerika Serikat yang menawarkan penggunanya dengan modem pula yang dihubungkan melalui Getway Infonet yang dibangun di Jakarta dengan biaya tidak terlalu mahal dibandingkan dengan CIX, namun masih terbilang mahal pada saat itu.
Sejarah juga mencatat dan menulis, sebagaimana yang terdapat pada sebuah catatan seorang yang bernama whois ARIN dan APNIC, tentang Protokol Internet (IP) pertama Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) yang didaftarkan oleh Universitas Indonesia (UI) pada 24 Juni 1988. Dan pada tahun 1992 – 1994 sejarah juga membuktikan dengan ada beberapa nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia, yaitu RMS Ibrahim, Suryono, Adi Soemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Futu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo. Masing-masing telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah terhadap jaringan di Indonesia. Beberapa tulisan artikel dimedia cetak dan eletronik yang menerangkan keberadaan internet di Indonesia, seperti media cetak KOMPAS di bulan November 1990 dengan judul : “Jarinagan komputer biaya murah menggunakan radio” dan media elektronik Himpunan Mahasiswa Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1989.
Sekitar tahun 1994 Internet Service Provider (ISP) yang pertama kali ada di Indonesia  dan menjadi ISP komersial pertama, yaitu Indonet yang dipimpin oleh Sanjaya di daerah Rawaman, tepatnya di komplek dosen UI, karena ayah Sanjaya adalah seorang Dosen di UI  dengan menggunakan dial-up sebagai sambungan awal ke Internet dengan memakai mode teks accuont lynx dan e-mail client pine  serta chatting dengan conference pada server AIX dengan shell adan pihak POSTEL belum mengetahu ruang bisnis Internet dan pada saat itu masih sedikitnya pengguna Internet di indonesia.
 
Nah baru pada tahun 1995 Indonesia melalui Depertemen Pos Telekomunikasi menerbitkan ijin untuk ISP yang diberikan kepada Indonet yang dipimpin oleh sanjaya dan Radnet yang dipimpin BRM. Roy Rahajasa Yamin. Dan pada tahun ini pula dimulai beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet keluar negri dengan memakai remote browser lynx di AS dan akhirnya Indonesia bisa akses Internet (HTTP). Dan akhirnya sejak itu mulai berkembang hingga saat ini, seperti e-commerce, warnet, dan komunitas, seperti beberapa mailing list utama seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e- commerce@itb.ac.id dan i2bc@egroups.com dan sebagainya.
Demikian sejarah dan perkembangan internet di negara kita Indonesia, mungkin banyak dari teman-teman sudah mengetahui hal demikian, apalagi yang sudah master blogger, namun tak salahnya bagi saya mengulang kembali,,,,,,,,,,,,, kalu ada saran dan masukan, maka sangat terbuka lebar tuk kebaikan dan perbaikan.


2 comments:

  1. Postingan yang Sangat bagus dan menarik untuk dibaca .... Saya suka mengunjungi blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksih atas pujian dan kunjungannya,,,,
      malu rasanya dibilang bagus. Saya masih pemula dan perlu banyak belajar lagi tetnag blog
      Ada sarana gak buat blog saya,,,,, baik bagaiman membuat blog, artikel dan sebagainya yang baik dan memmnuhi standar google

      Delete