Saturday, June 9, 2012

Sejarah Awal Internet

Internet..... Pada tulisan terdahulu sudah kita bahas tentang pengertian internet, yaitu terhubungnya satu atau lebih perangkat komputer dengan komputer lainnya sebagai alat komunikasi dan informasi, baik berupa teks, data, video, dan sebagainya (jaringan komputer sebagai alat komunikasi dan informasi). Nah kali ini kita kembali mengulas sejarah awal dan perkembangan internet. Kapan internet itu dikembangkan, oleh siapa, dimana dan untuk apa ? itulah pertanyaan yang muncul setelah mempelajari pengertian dari Internet.


Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatar belakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet-Rusia sekarang (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).
 
Menurut Drew Heywood (1996) Internet bermula pada akhir dekade 60-an saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi Internet working, yaitu standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.

Pada tahun 1960. ARPA menemukan packet switching, yaitu paket pensaklaran guna pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salah satu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi,berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi.

Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) mendemonstrasikan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX yang bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ini merancang bentuk jaringan, kehandalan, dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol. ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat, dengan menggunakan packet switching secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik, pada tahun yang sama Depertemen Pertahanan Amerika, U. S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) bertugas mengadakan sebuah program riset, tentang bagaimana cara menghubungkan beberapa komputer sehingga membentuk jaringan organik. sehingga

Pada tahun 1970, ternyata hasil riset DARPA tersebut dapat menghubungkan sebanyak 10 komputer, sehingga mereka saling berkomunikasi melalui komputer tersebut dan membentuk sebuah jaringan yang dikenal dengan ARPANET. sehingga Pada tahun 1971-1972.  Jaringan ini telah menghubungkan lebih dari 20 host dan disebut sebagai ARPANET dan menjadi backbone Internetworking institusi pendidikan, penelitian, industri dan kontraktor terutama yang berkaitan dengan jaringan militer (MILNET). Perkembangan pun berlanjut, seseorang yang bernama Roy Tomlison menciptakan dan menyempurnakan sebuah program yang kita kenal dengan E-mail untuk ARPANET yang sangat mudah digunakan dalam berkomunikasi sehingga program tersebut menjadi populer. Icon untuk E-mail, yaitu @ pun diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan at atau pada.

Pada tahun 1973 ARPANET mulai dikembang ke luar Amerika Serikat, yaitu pertama kali di London dengan sebutan komputer Univercity Collega sebagai anggota dari jaringan APARNET. Pada tahun yang bersamaan cikal bakal pemikiran internet yang berawal dari sebuah gagasan lebih besar yang di persentasikan pertama kalinya di Universitas Susxes oleh dua orang ahli komputer, yakni Vinton cerf dan Bob Kahn. 

Pada tahun 1974. Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol sebagaimana telahdisebutkan diatas, jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antar jaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun tersebut. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia.Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet Pada tahun 1976, tepatnya pada tanggal 25 Maret adalah hari yang bersejarah, dimana Ratu Inggris berhasil mengirimkan E-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malven. Selang setahun kemudian lebih dari 100 komputer bergabung ke APARNET membentuk sebuah jaringan (Network). Pada tahun 1979. Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan Newsgroups pertama dengan nama USENET. 

Pada tahun 1981. France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon dan berhubungan dengan video link. Pada tahun 1982. Karena alasan perkembangan yang membentuk jaringan komputer semakin hari, minggu, bulan dan tahun semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi dan diakui oleh semua jaringan. Maka pada tahun tersebut dibentuklah Tranmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP). Sementara itu muncul jaringan komputer tandingan di Eropa yang dikenal dengan EUNET yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia, berupa jasa E-mail dan newsgroups UNESET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan yang ada, maka Pada tahun 1984 ditemukan dan diperkenalkan sistem nama domain atau yang kita kenal dengan Domain Name System (DNS) dan jaringan yang terhubung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada tahun 1987. Kompoter yang tersambung melonjak naik menjadi 10 kali lipat atau 10.000 lebih. Pada tahun 1988. Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat (IRC). Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. 

Pada Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah,ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut Worl Wide Web (www). Pada tahun 1992. Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan atau program WWW. sejak itu keterhubungan komputer sudah melampaui sejuta komputer, dan muncullah istilah surfing the internet. Pada tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0. Perkembangan Internet Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology / ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Dari tahun 1991 hingga 1994, kesederhanaan serta efektifitas atas teknologi yang digunakan untuk berkunjung serta bertukar data melalui Waring Wera Wanua membuat kedua aplikasi tersebut diadopsi pada sejumlah sistem operasi agar dapat digunakan oleh lebih banyak individu, ataupun kelompok. Awalnya adalah organisasi penelitian, kemudian berkembang dan digunakan. Tahun 1994, Tim Berners-Lee memutuskan untuk membakukan organisasi World Wide Web Consortium (W3C) untuk mengatur pengembangan-pengembangan lanjut atas teknologi-teknologi terkait lainnya (HTTP, HTML, dan lain-lain) melalui proses standardisasi.

Demikian sedikit tentang sejarah pertama dan perkembangan Internet yang perlu dipelajari dan diketahui, walaupun masih banyak kekurangannya dan tidak mendetail, karena berbicara masalah sejarah adalah hal yang sangat komplek dan teliti masalah ruang dan waktu. Mungkin dari tulisan ini sedikit bisa memberikan pencerahan, manfaat bagi saya pribadi dan orang lain, terima kasih tuk artikel2 yang menjadikan sumber penulisan.

Sumber :


No comments:

Post a Comment