Thursday, June 14, 2012

Infrastruktur Komunikasi Internet

Infrastruktur komunikasi internet, yaitu terdiri dari komponen perangkat keras dan sistem lapisan perangkat lunak yang mengontrol ragam aspek arsitektur. Sedangkan perangkat keras sering digunakan untuk mendukung sistem perangkat lunak lain, yaitu desain dan proses standarisasi yang ketat dari arsitektur perangkat lunak yang mencirikan internet dan memberikan dasar untuk skalabilitas dan sukses.



Legalisasi dan tanggung jawab untuk desain arsitektur sistem perangkat lunak internet diberikan kepada Internet Engineering Task Force (IETF), mereka adalah kelompok kerja yang terbuka bagi setiap individu tentang berbagai aspek arsitektur internet, hasil kerja, diskusi dan arsitektur akan ditebitkan pada serangkaian publikasi, masing-masing disebut dengan Reques For Comment (RFC) yang tersedia bebas disitus web IETF. Metdode utama dari jaringan dalam RFC khusus ditujukan Standar Internet yang menjelaskan suatu kerangka yang kita kenal dengan Protokol Internet.
Model arsitektur yang membagi  metode menjadi sistem berlapis protokol sesuai dengan lingkungan atau ruang lingkup dimana layanan beroperasi. Model demikian juga dikenal dengan model Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP).
Untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut :
  1. Bagian atas adalah lapisan aplikasi, ruang aplikasi spesifik metode jaringan yang digunakan dalam aplikasi perangkat lunak, misal program browser web. 
  2. Bagian bawah lapisan aplikasi adalah lapisan transport atau lapisan yang menghubungkan aplikasi pada host yan g berbeda melalui jaringan, misal client, server model denga metode pertukaran data yang sesuai
  3.  Bagian bawah lapisan transport adalah lapisan tekhnologi inti jaringan yang mendasari atau menjadi dasar yang terdiri dari dua lapisan. Pertama, lapisan internet yang memungkinkan komputer tuk mengidentifikasi dan menemukan penguna yang satu dengan yang lainnya melalui alamat Internet Protokol (IP) dan melalui intermediate (transit) jaringan. Kedua atau terakhir adalah Link Layer yang menyediakan konektivitas antara host pada link jaringan lokal yang sama (LAN) atau koneksi Deal up.
Demikian sedikit pemahaman tentang Infrastruktur komunikasi internet. Semoga pengertian ini membawa kita untuk lebih mengenal dunia internet dan memanfaatkannya buat saya, kamu dan kita semua. Lebih jelasnya tentang internet klik link / sumber2 yang  ada pada tulisan terdahulu (Pengertian Internet)

3 comments:

  1. mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini belum sebarapa sobat, saya juga masih baru belajar ngeblog, dan saya berharap ada masukan tentang ngeblok "membuat blog, artikel dan yang baik dan sebagainya tentang blog..."

      maksih sobat sudah berkunjung keblog saya

      Delete
  2. hey, bagian kiri kadak kelihatan, susah ai.

    ReplyDelete