Tuesday, March 12, 2013

Jenis-Jenis Blog Berdasarkan Bahasannya

Jenis - Jenis Blog Berdasarkan isi bahasannya
Membuat sebuah blog bagi seorang pemula diperlukan pemikiran dan perencanaan yang benar-benar matang, untuk memilih dan menentukan jenis blog apa yang akan dibuat. Sehingga, apabila blog sudah jadi, selanjutnya bagaimana membuat postingan yang sesuai, sehingga ada kecocokan antara postingan dengan jenis, tema atau judul blog yang kita buat tadi. Sebagai gambaran, maka postingan Tips Triks Blogger's kali ini akan membahas sedikit tentang Jenis-Jenis Blog berdasarkan topik bahasan (postingan) di dalamnya.


Di bawah ini ada beberapa jenis blog berdasarkan isi bahasan atau postingan, sebagai gambaran bagi pemula dalam menentukan dan memilih jenis blog yang akan dibuat nantinya, tetapi pilihan dan ketentuan tetap ditangan anda. Apa saja jenis-jenis blog tersebut, yaitu :

Blog pendidikan, yang berisi bahasan tentang bagaiaman cara atau metode mengajar dan sebagainya, kurikulum, materi-materi pelajaran, sejarah pendidikan, tokoh pendidikan atau dunia pendidikan secara keseluruhan.

Blog politik, yang berisi tentang sejarah perpolitikan tempo dulu atau keadaan perpolitikan saat sekarang. Blog seperti ini juga bisa berisi tentang kampanye salah satu parpol tertentu atau bisa juga bahasannya bagaimana berpolitik yang baik (strategi politik).

Blog diary atau blog yang berisi catatan harian berdasarkan kejadian dan peristiwa yang dialami oleh seseorang, baik kejadian tersebut menyenangkan atau sebaliknya dan berisi tentang bagaimana mengatasi problema yang pernah ia alami.

Blog eloktronik yang berisi tentang perkembangannya secara keseluruhan atau secara khusus, misalnya bahasan blognya membahas tentang perkembangan komputer, handpone, perangkat internet, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan elektronik.

Blog blogger atau blog yang membahas tentang ngeblog, seperti blog yang membahas tentang tutorial membuat blog, mendesian blog, tip trik mengoptimalkan blog pada mesin penelusuran, atau bisa juga bahsan khusus tentang kode html dan sebagainya tentang blog.

Blog media sebagai media informasi yang berisi tentang info salah satu instansi, lowongan pekerjaan, kegiatan dan gambaran tentang instasi tersebut, berita (jurnalistik) dan sebagainya yang bersifat informsai, entah informasi itu khusus atau umum.

Blog bisnis atau usaha, yaitu blog yang mempromosikan tentang perusahaan, barang, merek, produknya, jasa yang ia tawarkan kepada konsumen dan sebagainya. Blog jahat atau pengganggu, jenis ini biasanya berisi virus yang tujuanya adalah untuk merusak atau blog yang tidak jelas dan menyalahi hukum.

Inilah sedikit gambaran tentang jenis blog, dan banyak lagi jenis blog lainnya, dari sekian jenis tersebut, ada yang dikelola secara pribadi atau kelompok, adapula bahasannya bertopik khusus dan umum yang tetap fokus pada topik, jenis, tema atau judul blog tersebut. demikian semoga bermanfaat dan pilihan tetap ada di tangan Anda.

1 comment: