Monday, March 11, 2013

Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Blog

Sebelum membuat blog dan sebagainya. Alangkah baiknya untuk mengetahui apa itu blog, dan kapan blog itu berada atau berkembang ? Setidaknya dengan demikian, kita akan sedikit tahu dan paham apa yang dinamakan atau disebut dengan blog itu, dan kapan, siapa dan bagaimana awal mula blog diciptakan. Nah pada postingan blog Tips Triks Blogger kali ini akan membahas tentang Pengertian dan Sejarah Perkambangan Blog.


Blog merupakan sebuah ruang berupa laman yang dibuat dan dikelola yang berisi catatan atau tulisan, baik tentang dirinya sendiri (diary), pengetahuan, berita, puisi, cerpen dan sebagainya. Selain tulisan, blog juga bisa berisi gambar dan video atau semuanya, dan dipublikasikan, sehingga dapat dibaca, dilihat dan dikomentari oleh penggunannya dan orang lain secara online.

Blog merupakan kependekan dari web dan log atau weblog, yaitu berupa sebuah situs web yang terdapat didalamnya berupa tulisan-tulisan. Halaman akan tersusun dan diurutkan secara terbalik, dimana tulisan atau artkel yang pertama akan berada di bawah tulisan yang kedua dan seterusnya. Berbeda dengan halaman sebuah buku yang tersusun dari pembukaan, isi bahasan, kemudian penutup.

World Wide Web atau www yang digagas dan dtemukan oleh Tim Berners Lee dan berhasil membuat postingan pertama pada tahun 1992, dari sinilah awal perkembang dan akhirnya menjadi sebuah daftar baru bagi seluruh website secara online. What’sNew adalah sebuah halaman blog yang diasumsikan sebagai blog pertama oleh para blogger, dan dibuat oleh Marc Anderson sekitar tahun 1993. Browser yang digunakan saat itu adalah Mosaicsebelum adanya browser Internet Explorerdan Nestcape.

Pada tahun 1994 sejarah juga mencatat adanya jenis blog atau website pribadi, yaitu Justin’s Home Page  yang sesuia dengan nama pembuatnya, yaitu Justin Hall. Pada tahun 1996 ia mulai menulis berupa jurnal online sekalipun baru terhubung pada index page saja. Kemudian dimodepikasi atau berubah menjadi Links From The Undergound, dan blog ini, juga di asumsikan oleh para blogger sebagai blog pertama dan diasumsikan pula sebagai jenis blog pada saat sekarang ini. Pada tahun 1996 ini pula ada sebuah blog yang berjudul 24 Jam Proyek Demokrasi yang dibuat dan ditulis oleh seseorang yang bernama Winer.

Kemudia pada tahun 1999, tepatnya pada tanggal 23 Agustus muncul yang namanya Bloggeryang dibuat oleh Pyra Labs. Blogger adalah sebuah jenis aplikasi atau system pulikasi blog atau dengan bahasa asingnya “blog publishing system” dan dengan tool atau “dedicated blog publishing tool” memudahkan untuk memperkenalkan system dan formatnya, sehingga dengan ketenarannya pada tahun 2003 di bulan Februari tepatnya, Blogger dibeli oleh perusahaan yang bernama Google, sehingga yang dulunya berbayar ketika menggunakannya dan kini menjadi gratis atau yang kita kenal dengan blogspot di blogger.

Demikan sedikit bahasan Tips Triks Blogger's tentang pengertian blog dan sejarah perkembangnnya, semoga bahasan ini, sangat bermanfaat bagi dan pemula yang kepingin tahu dan yang akan membuat blog. Selanjutnya kita akan bahasa istilah-istilah blogger atau blogging dan mengenal jenis-jenis blog serta kegunaannya

No comments:

Post a Comment